ASSALAMU’ALAIKUM > SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA > BLOG INI MEMBAHAS TENTANG HIJAB DAN BUSANA MUSLIMAH > SEMOGA BERMANFAAT YAA > SELAMAT MEMBACA

Jumat, 04 Mei 2012

Hukum mengenakan hijab yang tipis


Sebagai wanita muslim tentunya kita tahu bahwa kita diwajibkan untuk menutup aurat, salah satu anggota tubuh yang termasuk aurat adalah rambut, kita dapat menutup rambut kita dengan hijab. Hijab pada hakekatnya berfungsi untuk menutup aurat, nah bagaimanakah hukumnya  jika hijab yang kita kenakan terbuat dari bahan yang tipis?? Jawabannya: Haram, karena hijab yang tipis tidak dapat menutup aurat kita secara sempurna sehingga meskipun kita mengenakan hijab namun aurat kita masih dapat  terlihat. Bagi para wanita muslim diharuskan mengenakan hijab yang terbuat dari bahan yang dapat menutup aurat kita secara sempurna, jika tidak kita tidak akan masuk surga sesuai dengan sabda Rasululloh SAW :
صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا بَعْدُ، قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُوْنَ بِهَا النَّاسَ، وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مَائِلاَتٌ مُمِيْلاَتٌ رُؤُوْسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ، لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيْحَهَا وَإِنَّ رِيْحَهَا لَيُوْجَدُ مِنْ مَسِيْرَةِ كَذَا وَكَذَا
Ada dua golongan dari penduduk Neraka yang keduanya belum pernah aku lihat, pertama: satu kaum yang memiliki cemeti-cemeti seperti ekor sapi yang dengannya mereka memukul manusia. Kedua: para wanita yang berpakaian tapi telanjang, mereka menyimpangkan lagi menyelewengkan orang dari kebenaran. Kepala-kepala mereka seperti punuk unta yang miring/condong. Mereka ini tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium wangi surga, padahal wangi surga sudah tercium dari jarak perjalanan sejauh ini dan itu. (HR. Muslim ).
*Arti dari berpakaian tetapi telanjang adalah para wanita yang mengenakan pakaian, akan tetapi tidak menutupi auratnya. Para Ulama mengatakan pakaian itu tipis sehingga terlihat kulitnya. Inilah yang di maksud berpakaian tapi telanjang. Seperti juga pakaian yang tebal tapi pendek, maka ini juga berpakaian tapi telanjang. Atau wanita yang mengenakan pakaian sempit/ketat yang melekat di kulit dan membentuk badannya, seakan-akan dia tidak mengenakan pakaian. Maka ini juga termasuk berpakaian tapi telanjang.
Oleh karena itu mulai dari sekarang, pandai-padailah dalam memilih hijab  yang akan kita kenakan, karena sia-sia saja usaha kita untuk menutup aurat jika pada akhirnya aurat kita tidak tertutup dengan sempurna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar